Minggu, 12 Desember 2010

Serba Telat

Ulangan pada tanggal 9 desember 2010 merupakan hari ulangan yang mebuatku setengah frustasi dari sebelumnya, kalau kemarin serba pasrah, hari ini aku melaksanakan ulangan serba telat. Mengapa ? Awalnya aku datang ke sekolah karena telat karena aku tidak diantarkan. Jadinya aku datang pas kelas sedang berdoa. Ini adalah kejadianku selama ulangan :

Matematika
Difficulty : 7/10

Dalam pelajaran matematika kali ini, tingkat kesulitan dalam soal ujian kali ini cukup sulit dari tahun sebelumnya. Mengapa ? Karena, kebanyakan dari soal ini ailah menggunakan cara-cara penalaran dan perhitungan yang matang. Belum lagi dengan menggunakan penalaran ketika pasrah mencari sebuah hitungan.

Adapun kendala yang terjadi yaitu diantaranya, pada bagian statistika aku malas sekali menghitung soal-soal tersebut karena yang keluar kebanyakan ialah data kelompok. Selain itu juga jumlah frekuensi yang banyak dapat menyebabkan aku malas untuk menghitung gara-gara tidak boleh menggunakan kalkulator. Pada bagian peluang, aku mengalami kendala pada bagian kombinasi dan permutasi dalam bentuk aljarbar, aku tidak bisa menyederhanakan bentuk aljabar yang diberikan. Lalu kebanyakan dari soal itu aku menalar dengan pengetahuan logikaku yang ada karena mudah untuk di jawab. Kemudian mengenai trigonometri, aku lupa mengenai rumus-rumus identitas trigonometri sehingga aku mempunyai cara lain yaitu mencontek menggunakan cara lain melewati papan kayu yang ku bawa. Dan yang terakhir ialah persamaan lingkaran. Aku lupa cara menyelesaikan soal-soal yang diberiakn sehingga aku hanya bisa pasrah dan menjawab seadanya.

PKn
Difficulty : 5/10

Dalam ujian kali ini, pada mulanya aku berpikir pasti kesulitan soal-soal yang keluar adalah sama seperti tahun lalu. Kalau ujian tahun lalu aku mendapatkan nilai jelek, bagaimana untuk tahun ini ??? Namun betapa beruntungnya, tingkat kesulitan mengerjakan PKn kali ini tidak terlalu sulit kecuali pada essaynya aku bingung ingin menjawab apa.

Kendala-kendala yang terjadi pada saat aku mengerjakan soal yang satu ini adalah ada soal yang membuat kepalaku sedikit berputar karena ada soal yang membuatku bingung ingin menjawab karena ada yang sama dengan pilihannya itu. Adapun hal anehnya ialah pada kerta ujian yang di berikan, essaynya terpisah dengan pilihan ganda. Cukup konyol bagiku yang membuat soal kali ini. Sepoertinya yang membuat soal kali ini mengunakan Microsoft Word 2007 karena bentuk tulisannya ialah Calibri.

Bahasa Indonesia
Difficulty : 7/10

Dalam pelajaran kali ini, banyak sekali soal-soal bacaan dan mengarang yang membuat waktu akan terkuras habis jika kita tidak memberikan jawaban kepada orang. Namun, bagiku, waktu aku disia-siakan oleh anak IPS karena kebandelan mereka meminta contekan terutama bagian essay yang terlalu banyak mengarangnya. Yang membuatku banyak kendala yaitu diantaranya membuat surat niaga dan proposal karena di bagian proposal merupakan bagian dari mengarang. Sehingga pada bagian proposal ini aku sedikit telat dalam menulisnya karena kebanyakan dan waktu yang sudah habis. Sehingga pada bagian anggaran dana, kepanitiaan, penutup aku menambahkan lampirannya saja. Tapi tak mungkin aku bisa dapat nilai bagus jika di beberapa bagian di PG dan essay ada yang ku tidak tau sehingga aku mengasal untuk menjawabnya.

Tidak ada komentar: