Minggu, 12 Desember 2010

Terlalu Banyak Bicara

Didalam ujian umum semester 3 ini, aku mengalami kendala pertama yang cukup di rasakan hingga membawa dampak hingga semesteran ini berakhir. Bahwa aku melaksanakan semesteran dengan anak-anak kelas IPS. Mungkin baru pertama kalinya aku ujian bersama dengan anak IPS namun yang sangat di sayangkan ialah tingkah laku mereka yang berlebihan saat ujian umum kali ini.

Berikut ini adalah kejadian ujian umum semester 3 di hari senin, tanggal 6 Desember 2010 :

Penjaskes
Difficulty : 5/10

Pelajaran Penjaskes ini kalau di sekolahku memang jarang sekali dijelaskan teorinya dibandingkan prakteknya. Sehingga murid-murid harus siap apa adanya dari segala kondisi walau mereka harus menggunakan cara nalar agar bisa menjawab pertanyaan teori pada ujian kali ini.

Bagiku untungnya, aku sudah belajar seharian mengenai ujian kali ini dan beruntungnya lagi semua yang ku pelajari keluar semua walau ada beberapa materi yang tidak ada saat aku mempelajarinya. Tapi syukurlah, aku bisa mengerjakannya denagn mudah dan cepat walau ada beberapa kendala yang menghampiriku saat mengerjakan soal ini. Yaitu pertama, materi yang tidak ada saat aku belajar melewati LKS dan soal yang membuatku bingung untuk menjawab karena ada yang sama pada konsepnya, kedua yang menjadi tradisi dari tahun ke tahun, gangguan dari teman yang lainnya yang ingin minta jawaban dari ku, yang ketiga ialah saat adanya razia pakaian di ruanganku dan membuat waktu terbuang 5 menit. Teman yang menggangguku untungnya belum menyambar ke anak IPS. Tapi mungkin bisa nyamber suatu saat di pelajaran bidang yang sama.

Bahasa Jerman
Difficulty : 4/10

Pelajaran kedua adalah pelajaran bahasa jerman, dalam pelajaran kali ini, pemahaman dasar yang paling utama ialah kosakata, kemudian dilanjutkan dengan tata bahasanya dan sedikit teori mengenai kehidupan di Negara jerman sana. Dalam ujian kali ini, aku mengalami sedikit kendala dengan anak IPS karena mereka nyontek ke aku, namun di tambah dengan anak IPS yang lainnya. Selain itu, depankub dan belakangku juga ikut menyontek ke aku. Yah, mungkin kapan mereka bisa maju ya ?

Dalam pengerjaan soal kali ini, banyak sekali keluar mengenai Posesif Artikel walau emmang mudah dan rada ngawur untuk menjawabnya, selain itu juga kalimat dativ pun keluar walau cuma satu yang keluar. Nah, kendalaku yaitu di essay dalam kosakata dan tata bahasa, gara-gara anak IPS banyak nanya ke aku, akhirnya ilmu tata bahasa jermanku hilang dan kosa kataku ada yang hilang pula. Akhirnya konsentrasiku buyar karenanya. Aku mengisi seadanya sesuai dengan penalaranku dan kemampuanku. Tapi aku lancar dalam mengerjakan ujian ini karena mudah bagiku. Tapi lain kali aku tak mau dapat gangguan dari anak IPS lagi. Karena membuat waktuku dan konsentrasiku hilang.

Tidak ada komentar: